Perusahaan ini
merupakan salah satu perusahaan yang berafiliasi pada Otsuka Pharmaceutical
Co., Ltd. Jepang. Perusahaan ini
bergerak dibidang makanan bernutrisi dan minuman isotonik dengan produknya yang
terkenal yaitu Soyjoy dan Pocari Sweat. Pocari Sweat di Indonesia pertama kali
diluncurkan melalui PT. Otsuka Indonesia pada tahun 1989 yang kemudian pada
tahun 1997 berdiri PT. Amerta Indah Otsuka. Kemudian pada tahun 2007 meluncurkan
produk baru dalam bentuk makanan bernutrisi yaitu Soyjoy. Perusahaan ini
memiliki filosofi yaitu “Otsuka-people
creating new products for better health worldwide”.
Visi Perusahaan: “Menjadi perusahaan yang brilian,
dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta
masyarakat”.
Misi Perusahaan:
1.
Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang
berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.
2.
Menjadikan kebutuhan dan kesejahteraan konsumen dan
masyarakat sebagai prioritas utama.
3.
Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan
inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan
perusahaan.
4.
Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling
menguntungkan dengan rekan bisnis.
5.
Menjadi perusahaan yang terpercaya.
Analisis
Segmen Pelanggan
Segmen pelanggan yang
dituju oleh perusahaan untuk memasarkan produknya adalah sebagai berikut:
1. Secara
umum adalah masyarakat dengan usia 15-35 tahun, misalnya pelajar, mahasiswa,
dan karyawan.
2. Masyarakat
yang suka bekerja (banyak beraktifitas) keras dan banyak mengeluarkan keringat,
misalnya atlet atau olahragawan.
3.
Keluarga, khususnya keluarga dari pasangan muda yang
cenderung terbuka dengan berbagai produk kesehatan di luar herbal yang
mengkonsumsi kemasan produk family ukuran 1L dan 2L.
Strategi
Manajemen/Perusahaan terhadap Segmen Pelanggan
Strategi yang dilakukan
oleh pihak manajemen terhadap segmen pelanggannya adalah sebagai berikut:
1. Melakukan
edukasi kepada pelanggan terkait dengan produknya dengan mengandalkan transfer
product knowledge pada pelanggan tersebut, yaitu perusahaan menggandeng
komunitas-komunitas kesehatan dan olahraga untuk menggelar program edukasi
manfaat kedelai yang ada dalam produk Soyjoy dan manfaat Pocari Sweat untuk
menggantikan cairan tubuh yang hilang karena aktifitas yang banyak (misalnya
komunitas penderita diabetes).
2. Membentuk
tim detailer (semacam medical representative pada produk
obat-obatan). Mereka ditugasi para opinion leader semisal para dokter agar mau
merekomendasi Pocari Sweat kepada pasiennya.
3.
Melakukan presentasi di berbagai forum, misalnya
acara-acara seminar. Perusahaan ini memiliki tim-tim khusus yang disiapkan
untuk melakukan presentasi.
4.
Menampilkan iklan diberbagai media melalui endors
terhadap tokoh-tokoh terkenal misalnya atlet yang meraih juara dalam berbagai
kompetisi.
5.
Melakukan promosi melalui kegiatan sampling di
berbagai target pasar potensial seperti Sport Center. Selain itu, sampling juga
dilakukan di sekolah-sekolah sambil menjelaskan kepada siswa tentang manfaat
Pocari Sweat. Perusahaan berprinsip bahwa jika konsumen tidak diberi kesempatan
untuk mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba selamanya.
6.
Penambahan berbagai macam varian kemasan untuk menarik
segmen-segmen konsumen tertentu. Misalnya kemasan botol PET 2 Liter untuk
segmen keluarga, kemasan PET 350 ml untuk segmen pelajar/mahasiswa.
7.
Mengadakan beberapa event seperti games interaktif
Ionopolis melalui media-media sosial seperti Facebook, Twitter dan Foursquare
Beberapa strategi yang
dilakukan oleh pihak manajemen tersebut secara umum akan dapat meningkatkan
profitabilitas customer, misalnya untuk segmen pelanggan keluarga, perusahaan
mengeluarkan kemasan ukuran 2 liter yang sesuai untuk kebutuhan keluarga,
selain itu perusahaan juga melakukan edukasi kepada pelanggan terkait dengan
manfaat produk. Apalagi pada waktu-waktu tertentu misalnya pada saat bulan
puasa, minuman pocari sweat sangat cocok untuk menghilangkan dihidrasi.
Keluarga yang memiliki aktifitas yang banyak seperti saat pulang dari bekerja
juga bisa mengkonsumsi pocari sweat untuk mengganti ion tubuh yang
hilang/berkurang saat beraktifitas. Begitu juga dengan para olahragawan,
manajemen menawarkan produk pocari sweat ditempat-tempat olah raga dan
meningkatkan serta menjalin hubungan dengan para pelanggan melalui pihak
penyelanggara event tersebut, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan
memberikan manfaat kepada para pelanggan karena produk tersebut dapat membantu
menghilangkan dehidrasi dan mengganti ion tubuh yang hilang karena melakukan
banyak aktifitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar